Manfaat Jambu Monyet dan Kacang Mede

Manfaat Jambu Monyet dan Kacang Mede
Manfaat Jambu Monyet dan Kacang Mede


Disini saya akan mengulas manfaat dari Kacang Mede dan Jambu Monyet, Jambu Mede atau kita sering menyebutnya jambu monyet ini sangatlah banyak sekali manfaatnya apalagi bagi kesehatan kita. Buah ini memiliki nama latin "Anacardium Occidentale" jika yang tidak begitu suka memang rasa buahnya yang masam.

Tetapi dari balik rasa buah yang masam itu terkandung beberapa manfaat bagi kesehatan, Jambu Monyet mengandung banyak sekali zat yang di perlukan oleh tubuh seperti, protein, mineral, dan vitamin. Tidak hanya di buahnya saja tapi di biji jambu mede juga sangat baik bagi kesehatan  sebagai biji-bijian untuk rendah kolesterol, biji mede juga bisa anda buat sebagai nilai tambah ekonomi, "kok bisa jadi tambah nilai ekonomi" iya harga dari kacang mede per kilo bisa sekitar 50 ribu kurang lebihnya, itu bukanya bisa di buat sebagai usaha yang bagus.

Sebelumnya saya juga menuliskan artikel tentang Manfaat Temu Lawak Bagi Kesehatan

Oke lanjut saja Kita akan membahas manfaat jambu mede dan kacang mede yang baik bagi kesehatan :


1. Mengatasi Radang Mulut

Radang Mulut bisa terjadi karena kuman yang berada pada mulut, kita dapat mengatasi radang mulut ini dengan menggunakan daun jambu monyet dan batangnya. Caranya kita ambil secukupnya sekitar 1 genggam daun jambu monyet "gunakan daun jambu monyet yang masih muda" dan juga kulit pada batang jambu monyet, cuci hingga bersih, setelah di cuci rebus dengan menggunakan air 1 liter hingga mendidih. Saring untuk memisahkan daun dan kulit dari jambu mede, tunggu hingga dingin dan siap di sajikan minum 2 kali sehari.


2. Mengatasi Pegal Linu

Jika badan kita terasa ngilu-ngilu sekarang kita bisa menggunakan jambu mede untuk mengatasi ngilu tersebut. Caranya ambil daun jambu monyet " gunakan yang muda" cuci bersih, setelah di cuci kemudian di rebus hingga mendidih, saring kemudian tunggu hingga dingin, di minum 1 kali sehari.

3. Mengatasi Disentri

Disentri adalah  penyakit pencernaan, penyebab disentri yaitu bakteri shigella yang menyebar ke makanan dan minuman tercemar. Gejalanya adalah mencret dan perut mulas. Caranya ambil daun muda mede dan kulit batangnya, cuci bersih dan rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, setelah mendidih saring dan tunggu hingga dingin minum 2 kali sehari.

4. Mengandung Vitamin B dan C

Jambu monyet banyak sekali mengandung vitamin yang baik bagi tubuh kita, vitamin B pada kacang mede juga peran sebagai metabolisme protein, lemak pada tingkat metabolisme seluler. vitamin C pada jambu mede juga dapat mencegah sariawan.

5. Mengatasi Kurang Darah

Kurang darah atau di sebut anemia ini dapat menyebabkan orang akan menjadi lemas dan lesu, kandungan zat besi pada jambu monyet yang berperan untuk melancarkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen ke paru-paru. Zat besi ini juga dapat  mengontrol tekanan pada darah.

6. Mengandung Vitamin A

Vitamin A pada jambu mede memiliki peran sebagai penangkal radikal bebas, senyawa beta karoten salah satu bentuk vitamin A yang dapat sebagai anti oksida yang melawan radikal bebas pada tubuh kita. Vitamin A pada jambu mete ini bisa di gunakan untuk menyehatkan organ penglihatan.

7. Melawan Kanker

Vitamin C pada jambu monyet berkhasiat juga untuk melawan kanker. menurut penelitian vitamin C dapat mengobati kanker secara bertahap.

8. Kacang Mede

Kacang Mede memiliki tinggi kalori sekitar 553 kalori pada 100 g. dalam kacang mede juga banyak mengandung serat, vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan.

Jambu dan kacang mede juga memiliki efek samping, Yaitu pada getah jambu monyet ini dapat menyebabkan gatal-gatal pada orang yang memiliki hipersensitif yaitu terjadi alergi atau gatal-gatal pada kulit biasanya pada anak-anak.

Itu tadi artikel tentang Manfaat Jambu Monyet dan Kacang Mede yang banyak sekali manfaatnya, semoga bermanfaat bagi anda.

6 Responses to "Manfaat Jambu Monyet dan Kacang Mede"