Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan



Jahe adalah tanaman herbal yang mengandung sangat banyak manfaat bagi kesehatan tidak juga untuk kesehatan jahe juga banyak di gunakan untuk bahan tambahan bumbu makanan. Jahe yang memiliki nama Latin (Zingiber Officinale) ini berasal dari india dan menyebar hingga cina yang di bawa para pedagang hingga mencapai indonesia.

Sebelumnya juga saya menuliskan artikel tentang : Menjaga Kesehatan mulut

Kandungan jahe seperti enzim protease dan lipase ini bermanfaat sebagai proses pencernaan terutama proses pencernaan protein dan lemak pada tubuh kita. dan masih banyak lagi manfaat dari jahe seperti yang ada di bawah ini:


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau juga disebut imun ini berfungsi sebagai anti bodi tubuh manusia. Imun dalam tubuh akan menangkal radikal bebas yang dapat membuat tubuh manusia menjadi tidak fit, Jahe dapat meningkatkan imun pada manusia biasanya orang membuatnya menjadi wedang jahe yang di komsumsi secara teratur.


2. Obat Mual

Ketika kita dalam perjalanan entah itu darat, laut atau udara bagi yang tidak kuat fisiknya biasanya akan terasa mual atau disebut mabuk. Kita bisa menggunakan jahe sebagai obat tersebut bisa dibuat sebagai minuman jahe atau anda beli di warung pasti ada minuman jahe yang sudah siap saji.


3. Obat Rematik

Jahe memang lah sangat banyak sekali manfaatnya ini salah satunya sebagai obat penyakit rematik. Dengan cara membakar beberapa ramping jahe di atas bara sekitar 5 menit setelah itu tumbuk hingga halus jahe setelah itu tumbukan halus jahe tersebut dapat di oleskan di bagian yang terasa rematik tersebut.


4. Mengobati Masuk Angin

Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati masuk angin karena jahe memiliki sifat hangat saat konsumsi. Caranya kita rebus jahe atau di buat minuman jahe supaya jahe tidak terasa pedas dapat dicampurkan dengan teh, minuman jahe ini akan dapat membantu untuk menghilangkan masuk angin.


5. Mengobati Flu atau Pilek

Hampir sama dengan nomor 4 jahe juga bisa digunakan untuk mengobati flu dan pilek kita buat wedang jahe hangat yang dicampur dengan teh dan madu. Wedang jahe ini membantu untuk meregakan tenggorokan mengobati flu dan pilek.


6. Melancarkan Pencernaan

Kita biasanya banyak makan buah-buahan untuk melancarkan pencernaan tidak hanya itu jahe juga dapat melancarkan pencernaan. Minum jahe yang dapat membantu melancarkan pembuangan sisa makanan, jahe membantu pencernaan makanan den mencegah kemungkinan sakit perut karena yang sifatnya mengurangi peradangan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika di dalam tubuh terdapat banyak kolesterol  dan lemak yang mengahmbat peredaran darah ini membuat kerja keras pada jantung sebabitu bisa terkena serangan jantung. Jehe bisa menurunkan kolesterol dan lemak pada tubuh yang membuat kerja jantung tidak keras hal ini kita dapat meminimalisir terjadinya serangan jantung.

8. Mengatasi Sakit Kepala

Jahe juga dapat digunakan untuk obat sakit kepala. Dalam studi mengatakan kandungan Prostaglandin yang menyebabkan sakit kepala, kandungan senyawa dalam jahe yang dapat menekan terjadinya sakit kepala.

9. Menghilangkan Jerawat

Dalam studi mengatakan jahe dapat menghilangkan jerawat di karenakan ketika kita mengkomsumsi jahe badan kita akan terasa hangat dan hangat itulah yang dapat menghilangkan jeraewat. Di anjurkan mengkomsumsi jahe 4 gr/hari karena jika berlebih akan menimbulakan mules dan diare.

Sekian artikel dari saya tentang Manfaat Jahe, semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca Juga artikel tentang : Menjaga Kesehatan Mulut

1 Response to "Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"