Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga

Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga
Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga


Mata adalah salah satu indra dalam tubuh yaitu indra penglihatan, mata sangat sensitif, contohnya jika ketika kita mandi menggunakan sabun terus sebagian busa sabun masuk ke dalam mata maka mata kita akan terasa perih dan contoh lainnya adalah ketika kita mengiris Bawang Merah maka mata kita akan mengeluarkan airmata. Air mata itu dapat berfungsi untuk melindungi mata dari kekeringan terhadap mata. Untuk itu sahabat semuanya sangat peting kita untuk merawat mata kita agar tetap sehat.

Terima kasih karena masih mengunjungi blog saya, sebelumnya saya menulis artikel tentang Manfaat minyak Zaitun

Faktor usia juga pengaruh terhadap mata kita, merawat mata itu sebenarnya tidaklah susah jika kita ingin melakukan dengan tekun untuk teman yang masih muda sebaiknya untuk menjaga mata sejak dini agar ketika kita sudah usia lanjut mata kita tetap sehat.

Ini beberapa tips menjaga mata agar tetap sehat:

1. Hindari Kebiasaan Mengucak Mata

Terkadang ketika mata kita terasa gatal dengan tidak sengaja kita mengucek mata, hal seperti ini sebenarnya tidak baik untuk mata karena ketika tangan yang digunakan untuk mengucek mata itu kotor maka bakteri bisa masuk kedalam mata yang dapat menyebabkan infeksi mata. Boleh untuk mengucek mata tetapi usahakan tangan dalam keadaan bersih dan jangan terlalu sering untuk mengucek mata.

Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga
Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga


2. Menjaga Jarak Pandang

Ketika melihat televisi kita kita harus tahu ukuran mata yang baik untuk menatap layar televisi atau layar monitor komputer. Untuk layar televisi sebaiknya kita menatap dengan jarak minimal 3 meter, layar komputer sekitar 35-50 cm, juga ketika untuk membaca buku kita bisa menggunakan jarak yang ideal sekitar 25-30 cm. Ketika kita menatap layar televisi, komputer dan buku lebih dari 2 jam usahakan kita untuk merefress mata kita dengan melihat sekeliling dan sesaat melihat benda yang jauh.

Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga
Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga


3. Menggunakan Kaca Mata Pelindung Sinar UV

ketika di siang hari itu pasti matahari sangatlah terik, untuk itu kita biyasakan menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi paparan sinar UV yang dapat merusak mata, jika kita akan terlalu lama di luar dan terkena sinar matahari.

Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga
Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga


4. Mengompres Mata Dengan Mentimun

Mentimun dapat menyegarkan mata dan sangat baik buat mata. mengompres mata dengan mentimun selama 10 menit di malam hari sangat baik, karena dapat mencegah bengkak.

5. Jangan Sering Menggunakan Tetes Mata

Keseringan menggunakan tetes mata itu tidak baik untuk mata yang dapat merusak mata. Boleh kita menggunakan tetes mata hanya sekali itu juga untuk mengurangi iritasi mata atau mata merah.


Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga
Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga

6. Vitamin A

Vitamin A sangat bagus untuk mata, sering kita mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin a seperti wortel dan  lainnya tapi jangan berlebihan mengkomsumsi vitamin a semua yang berlebihan itu tidak baik.

7. Hindari Asap / Polusi

Asap rokok atau polusi itu dapat mengakibatkan iritasi pada mata yang membuat mata kita menjadi merah dan perih usahakan kita untuk menghindari mata dari asap rokok atau polusi.

8. Mengkomsumsi Sayuran dengan daun Hijau Tua

Sayuran seperti ini sangat baik karena mengandung Lutein dan Zeaxanthin yaitu koretenoid yang dapat mengurangi katarak serta degenerasi penglihatan yang disebabkan gangguan pada retina mata.

Ini adalah artikel Tips Kesehatan Mata, semoga tips ini bermanfaat bagi anda semua.  

1 Response to "Kesehatan Mata Agar Tetap Terjaga"


  1. ditunggu apa lagi hanya dengan minimal deposit 10.000
    mari coba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com

    BalasHapus